Posted by: heryes | 1 September 2007

jurnal pku (satu dari dua)

ntuk yang pertama kalinya menjejakkan kaki di pulau andalas, pekanbaru..

(27 agustus 2007 – 29 agustus 2007)

yup, tujuannya untuk melakukan pemasangan instrumen pengaman mesin derek berupa indikator beban dan sudut yang sifatnya sementara khusus untuk proyek di duri. perjalanan udara hanya memakan waktu ± tiga puluh lima menit dari hang nadim batam ke sultan syarif kasim II pekanbaru. perjalanan darat memakan waktu ± dua jam ke pangkalan kerinci lebih tepatnya di dalam kompleks rapp. melalui jalur lintas timur antar propinsi yang berlika-liku seperti di malang dengan disekeliling hanya ditumbuhi pepohonan kelapa sawit, sempat berhenti sejenak ntuk memuaskan dahaga dan sekedar a-mild time. *piss* sempet dapet kring-kring dan kabar-kabari nya kring-kring mayonaize ultah! glek.. hepi betdey yaaa..

sesampainya di rapp kemudian menuju unigraha hotel ntuk mengambil kunci yang sudah disiapkan oleh staff ptsi. diteruskan menuju kantor dan yard-nya ptsi dan beruntung mesin dereknya nggak berada di duri seperti yang diperkirakan sebelumnya (menghemat ± empat jam duri-kerinci, menurut bapak yang jemput). langsung inspeksi tanpa maem siang duluw neh bow (hiks) dan untung -hehe, lagi-lagi untung- langsung ke yard hari itu juga, karena hal-hal pra-instalasi yang seharusnya sudah siap ternyata masih nihil dan progressnya nggak jelas, mis-komunikasi antara londo dan lokal (londonya itu keminggris banget klo jawa mungkin kromo inggil, hehe. dan lokal staffnya mungkin hanya yes no dan sedikit thank you atau yang lainnya, hihi.. maap)

yang bisa dilakukan hari itu hanyalah mempersiapkan data-data yang diperlukan ntuk kalibrasi seperti memastikan ukuran panjang yang diperlukan untuk pekerjaan di duri, dan menentukan jumlah falls yang terkonfigurasi..

keesokan harinya, start jam tujuh pagi ketika hari sudah agak terang meski disana-sini masih diselimuti kabut tipis, briefing singkat apa yang harus disiapkan dan ternyata keadaan belum juga ada perubahan yang signifikan, progress dari ‘bracket’ ntuk display dan dyno pun masih belum jelas.

progress pertama mungkin pengkabelan, untuk sensor sudut, indikator beban dan catu daya dua belas volt. kemudian sensor sudut yang dipasang deket tangga dengan ‘boom’ pada posisi 0° ntuk sudut minimumnya. dan hujan pun mengguyur… terpaksa dilanjutkan meski kebiasaan mereka berhenti bekerja kala hujan ntuk mengukur sudut yang lebih tinggi 70° dengan levelnya pak carpenter yang sudah kutempelin di boom sejak pagi. selesai ntuk sudut..

dan.. dyno pun siap dipasang pada jam tiga sore yang seharusnya sudah selesai jika hujan tak mengguyur sepanjang siang itu. hiks, jadi nggak dapat kesempatan ntuk menyaksikan planet mars..

jam menunjukkan angka tujuh malem ketika dyno ntuk sensor beban terpasang. dan dimulailah kalibrasi ntuk beban ringan yang mengambil contoh hook beserta rantai-rantainya yang hampir satu ton atau 0,9 lebih tepatnya (toleransi 100 kg). dan ntuk beban berat sebuah crawler satu sisi 21.160 kg (crawlernya aja) dicoba ntuk diangkat. selesai.. waktu menunjukkan angka delapan lebih empat puluh lima menit ketika pamit pada semua kru yang dilapangan dan menuju guest house. sepiii.. serasa udah jam dua pagi aja pas melewati rapp area, komplit dengan mendungnya yang pekat tak urung membuatku ogah ntuk menikmati santap malam yang kring-kring..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: